Sabtu, 23 November 2013

Dahsyatnya Badai Topan Haiyan

Badai topan Haiyan telah meluluhlantakkan kota pinggir pantai Tacloban, Filipina. Nyaris seluruh rumah di Tacloban rata dengan tanah. Semua pipa-pipa air rusak beterbangan. Hiiii… Kenapa badai topan Haiyan bisa menghancurkan seperti itu, ya?

 
Jus Udara Di Lautan Pasifik Badai topan Haiyan adalah badai yang terjadi di daerah tropis. Badai topan ini terbentuk ketika terjadi pergantian musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau telah memanaskan udara di Lautan Pasifik. Namun, saat itu juga permukaan Lautan Pasifik juga menerima aliran udara dingin.
jejak badai topan haiyan
Wuah, pertemuan udara panas dan udara dingin ini bercampur aduk. Udaranya berputar saling bercampur supaya rata suhunya. Persis saat kita membuat jus di mesin blender. Sayangnya, udara yang berputar ini tidak tinggal diam di atas Lautan Pasifik. Udara berputar ini juga bergerak menuju daratan Filipina. Udara tersebut bergerak sambil membentuk pusaran. Ketika sampai di Filipina, pusaran udara sudah mencapai ketinggian 4 meter. Wah, besar sekali!           

Titik Air Secepat Mobil Balap
Badai topan Haiyan berjalan sambil membawa titik-titik air dari Lautan Pasifik. Ssst, titik-titik air yang dibawa ini bukan hanya titik air biasa, lo. Titik air ini berkecepatan 368 kilometer per jam. Widih, itu sama dengan kecepatan sebuah mobil balap.
kota luluh lantak

Bayangkan, titik-titik air yang dibawa badai topan Haiyan banyak sekali. Dan, semua titik air itu bergerak secepat mobil balap. Aduh, tentu saja, semua yang diterjang badai topan Haiyan hancur berantakan. Seperti ditabrak milyaran mobil balap. Hiii, mengerikan sekali, ya!

Terjadi Setiap Tahun
Setiap tahun di Lautan Pasifik terjadi satu atau dua badai. Badai itu terjadi secara rutin sebagai akibat perubahan musim sepanjang tahun. Namun, baru kali ini badai yang terjadi sangat besar hingga berkekuatan seperti badai topan Haiyan, yaitu kategori 5. Ilmuwan percaya besarnya badai ini dipicu oleh perubahan iklim.

Bahan Bakar Fosil dan Perubahan Iklim
Hmm, sudah waktunya kita mengubah cara hidup kita yang memicu perubahan iklim. Perubahan iklim terjadi karena pemanasan global. Pemanasan global ini disebabkan oleh banyaknya gas karbon dioksida di udara. Nah, gas karbon dioksida itu sendiri berasal dari bahan bakar fosil seperti bensin dan batu bara.
badai topan haiyan
Ssst, listrik yang kita pakai sehari-hari itu banyak  memakai bahan bakar batu bara, lo. Batubara masih menjadi bahan bakar utama untuk menghasilkan listrik. Batu bara dipakai untuk menggerakkan turbin penghasil listrik.
Hmmm, jika kita ingin mencegah badai topan Haiyan, kita harus menghemat pemakaian listrik dan bahan bakar fosil. Sebaiknya kita memakai alat elektronika sesuai kebutuhan. Misalnya, main game dan komputer seperlunya. Sudah waktunya kita berhemat listrik dan bahan bakar minyak demi mencegah perubahan iklim. Yuk, yuk!

(Johanna Ernawati)
Narasumber: Dr. Mulyono Prabowo. Kepala Pusat Meteorologi Publik. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Jakarta

Sumber: kidnesia.com 
Please Like this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...