Kamis, 22 Mei 2014

Tips Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses


Pernakah anda bermimpi menjadi seorang pengusaha sukses? Atau anda tidak berminat menjadi pengusaha. Jika tidak, wajar saja! Karena sebagian besar orang berkeinginan menjadi pengusaha merupakan hal mustahil. Lho,, memangnya mengapa? Mereka tidak mau direpotkan dengan kerumitan memulai usaha.

Menjadi pengusaha bukan hal mustahil, tetapi juga bukan perkara mudah. Bayangkan saja, anda harus mencari modal, merekrut pekerja, mengelola keuangan usaha, hingga siap menerima risiko. Risiko yang harus dihadapi kadang menyebabkan seseorang takut menjadi pengusaha. Jangan takut! Mimpi anda menjadi pengusaha dapat terwujud jika mengetahui tips-tips jitu dalam menjalankan usaha. Langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk mewujudkan mimpi menjadi pengusaha sebagai berikut.

1. Tentukan Tujuan Utama
Tentukan tujuan utama anda untuk menjadi pengusaha. Pikirkan hasil akhir yang anda inginkan. Jadikan hasil akhir sebagai mimpi yang harus dicapai. Tanamkan mimpi tersebut dalam pikiran anda terus-menerus. Yakinlah bahwa suatu saat mimpi tersebut akan tercapai! Akan lebih baik, jika mimpi mencapai tujuan tersebut disertai dengan target pencapaian.

2. Pikirkan dan Tuliskan Bidang yang Paling Disukai
Bayangkan dan tuliskan bidang yang anda sukai. Jangan hanya satu! Alangkah lebih baik jika lebih dari satu bidang dengan urutan pertama yang paling anda sukai. Selanjutnya, pikirkan dan tuliskan kemungkinan untuk meraihnya. Anda harus bersikap rasional dalam menyeleksi kemungkinan tersebut. Jika kemungkinan tersebut terlalu jauh dari kondisi saat ini, cobalah mencari sesuatu yang anda sukai dengan kemungkinan yang lebih realistis.

Tidak ada hal mustahil untuk meraih kesuksesan! Dibutuhkan perjuangan keras dan pengorbanan untuk meraihnya. Oleh karena itu, lakukanlah hal realistis untuk memulai menjadi pengusaha. Tujuannya untuk menambah pengalaman dan kepercayaan diri anda. Selanjutnya, anda dapat mewujudkan impian terbesar untuk pengembangan usaha.

3. Carilah Informasi tentang Bidang Usaha yang Anda Tekuni
Anda perlu mngumpulkan informasi tentang bidang yang ingin anda tekuni. Informasi dapat diperoleh dari buku, majalah, koran, internet, atau pengalaman pengusaha sukses di bidang tersebut. Tujuannya agar anda mengetahui gambaran bidang usaha secara menyeluruh. Informasi yang dapat anda kumpulkan sebagai berikut.
a. Bagaimana seluk-beluk bidang usaha tersebut?
b. Bagaimana prospek usahanya?
c. Apa yang harus dimiliki untuk memulai usaha tersebut?
d. Tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengelola usaha tersebut?
e. Bagaimana pengalaman pengusaha lain yang bergerak di bidang tersebut?
f. Siapa pengusaha paling sukses di bidangnya? Bagaimana mereka menjalankan usahanya?

4. Belajarlah dari Mentor atau Guru Terbaik
Setelah anda mengetahui banyak informasi tentang bidang usaha yang akan dipilih, carilah mentor atau guru terbaik. Tujuannya untuk menambah pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills) anda di bidang usaha tersebut.

5. Siap Memulai Usaha!
Setelah melakukan empat langkah di atas, anda harus segera memulai berwirausaha. Tumbuhkan keberanian untuk memulai berwirausaha! Jangan takut gagal! Bersikaplah optimis dalam menjalankan sebuah usaha. Inilah yang mendorong usaha anda akan semakin berkembang. Sudah siapkah, anda?
Please Like this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...