Rabu, 16 April 2014

Geografi Sumber Daya Alam Perkebunan Beserta Persebarannya di Indonesia

Materi Geografi - Sumber Daya Alam Perkebunan


PERKEBUNAN
Perkebunan adalah bentuk dari pertanian yang menanam jenis tanaman perdagangan untuk keperluan industri. Jenis tanamannya antara lain tebu, teh, cengkeh, karet, kopi, coklat dan kelapa sawit.

MACAM PERKEBUNAN
Tanaman perkebunan diusahakan untuk memenuhi komoditas perdagangan dan juga bahan baku industri. Usaha perkebunan di indonesia dapat di bedakan menjadi 2 macam,yaitu perkebunan rakyat dan perkebunan besar. 

1) Perkebunan rakyat adalah perkebunan yang diusahakan oleh penduduk dan biasanya dikerjakan secara tradisional pada lahan perkebunan yang tidak begitu luas. Hasil perkebunan rakyat biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri.
           ciri – ciri perkebunan rakyat, antara lain :
        - Lahan relatif sempit
        - Modalnya relatif kecil
        - Peralatannya sederhana
        - Tenaga kerja sedikit
     
2) Perkebunan besar adalah perkebunan yang diusahakan pada lahan yang luas dan dikelola oleh     perusahaan, baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
        ciri – ciri perkebunan besar, antara lain :
     - Manajemennya teratur
     - Lahannya sangat luas
     - Modalnya besar
     - Dikerjakan secara mekanis dan intensif
     - Jumlah tenaga kerjanya banyak
     - Tingkat produktifitasnya tinggi
     - Hasilnya dipersiapkan untuk diekspor

PEMANFAATAN HASIL PERKEBUNAN
    Hasil perkebunan dapat diolah menjadi produk industri. Contohnya sebagai berikut :
 - Kelapa sawit diolah menjadi minyak goreng dan margarin
 - Kopi,coklat dan teh untuk bahan baku pembuatan minuman
 - Cengkeh dan tembakau untuk bahan pembuatan rokok dan obat obatan
 - Karet menjadi bahan baku pembuatan ban
 - Tebu menjadi bahan dasar pembuatan gula pasir
 - Rosela menjadi bahan dasar membuat karung
- Kina digunakan sebagai bahan dasar membuat obat malaria

PERSEBARAN HASIL PERKEBUNAN
           1.     Daerah penghasil tebu yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatra (Nanggroe Aceh Darussalam).
    
    2.      Daerah penghasil tembakau ialah Sumatra Utara (Deli), Sumatra Barat (Payakumbuh), Bengkulu, Sumatra Selatan (Palembang), Jawa Tengah (Surakarta, Klaten, Kedu, Temanggung, Parakan, Wonosobo), dan Jawa Timur (Bojonegoro, Besuki). 
    
    3.      Daerah penghasil teh yaitu Jawa Barat (Bogor, Sukabumi, Garut), Jawa Tengah (Pegunungan Dieng, Wonosobo, Temanggung, Pekalongan), Sumatera Utara (Pematang Siantar), dan Sumatra Barat.  
    
    4.      Daerah penghasil kopi yaitu Jawa Barat (Bogor, Priangan), Jawa Timur (Kediri, Besuki), Sumatra Selatan (Palembang), Bengkulu (Bukit Barisan), Sumatra Utara (Deli, Tapanuli), Lampung (Liwa), Sulawesi (Pegunugan Verbeek), Flores (Manggarai).
    
    5.      Daerah penghasil karet yaitu D.I. Aceh (Tanah gayo, Alas) Sumatra Utara (Kiasaran, Deli, Serdang), Begkulu (Rejang Lebong), Jawa Barat (Sukabumi, Priangan), Jawa Tengah (Banyumas, Batang), Jawa Timur (Kawi, Kelud), dan Kalimantan Selatan (Pegunungan Meratus).
    
    6.      Daerah penghasil kelapa yaitu Jawa Barat ( Banten, Priangan), Jawa Tengah (Banyumas),    D.I. Yogyakarta, Jawa Timur (Kediri), Sulawesi Utara (Minahasa, Sangihe, Talaud, Gorontalo), dan Kalimantan Selatan (Pegunungan Meratus).
    
    7.      Daerah penghasil kelapa sawit yaitu D.I. Aceh (Pulau Simelue), Sumatera Utara (Pulau Nias, Pulau Prayan, Medan, Pematang Siantar).
    
    8.      Daerah penghasil cokelat yaitu Jawa Tengah (Salatiga) dan Sulawesi Tenggara.
    
    9.      Daerah penghasil pala yaitu Jawa Barat dan Maluku.
Please Like this article :

4 komentar:

  1. a good posting...
    like this yoo.. :D
    visit us at
    BUKITTINGGI MANINJAU

    BalasHapus
  2. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus
  3. Min saya ijin materinya yuntu tugas ya

    BalasHapus
  4. Mungkin saja penyakit HIV dapat disembuhkan karena saya telah berkali-kali scammed sampai saya bertemu dengan pria hebat ini dukun Dr Akhigbe yang membantu saya pada awalnya saya tidak pernah percaya semua komentar dan posting tentang dia dan saya sangat sakit karena saya telah terinfeksi HIV / AIDS selama dua tahun terakhir, hanya 2 bulan terakhir saya terus membaca kesaksian tentang pria ini bernama Dr Akhigbe mereka mengatakan bahwa pria itu sangat kuat dia telah menyembuhkan berbagai jenis penyakit, saya terus memantau jabatannya beberapa orang tentang pria ini dan saya mengetahui bahwa dia nyata sehingga saya memutuskan untuk memberinya persidangan. Saya menghubunginya untuk meminta bantuan dan dia berkata bahwa dia akan membantu saya mendapatkan kesembuhan yang saya perlukan hanyalah mengirimnya uang ke menyiapkan obat dan setelah itu akan dikirim kepada saya melalui jasa pengiriman kurir DHL yang saya lakukan dengan sangat mengejutkan obat itu dikirimkan kepada saya dia memberi saya petunjuk untuk mengikuti cara meminumnya bahwa setelah tiga minggu saya harus pergi untuk pemeriksaan , setelah minum obat an d ikuti instruksinya setelah tiga minggu saya kembali ke rumah sakit untuk tes lain, pada awalnya saya terkejut ketika dokter mengatakan kepada saya bahwa saya negatif saya meminta dokter untuk memeriksa lagi dan hasilnya masih negatif yang sama yaitu bagaimana saya bebas dari HIV VIRUS karena kaget saya memutuskan untuk datang dan membagikan kesaksian saya sendiri kepada Anda untuk mereka yang berpikir tidak ada obat untuk HIV VIRUS yang akhirnya sembuh dan hubungi Dr Akhigbe melalui email drrealakhigbe@gmail.com dia akan membantu Anda, Anda juga dapat mengirimnya melalui +2348142454860 ia juga sempurna dalam menyembuhkan DIABETIK, HERPES, HIV / AIDS,; ALS, KANKER, MALARIA, BACTERIA DIARRJHEA, MENINGITIS, HEPATITIS A DAN B, ASTHMA, PENYAKIT HATI, CHRON. PENYAKIT. NAUSEA VOMITING ATAU DIARRHEA, PENYAKIT GINJAL ,, SCHIZOPHRENIA, LUPUS, INFEKSI EKSTERNAL, DINGIN UMUM, SENDI BERSAMA, OSTEOPOROSIS, RABIESRHEUMATISM, THYROID, GALLSTONE, COLD & FLU, TUBUH KEMUDI, PELANGGARAN, PELUANG, TUBUH, PELANGGARAN, PELUANG, PELANGGARAN. ECZEMA, PROGERIA, MAKAN GANGGUAN, INFEKSI PERNAPASAN RENDAH. dll percayalah bahwa penyakit mematikan bukan lagi hukuman yang mematikan karena dr akhigbe memiliki obatnya. ayah baptis dari herbal root.email: drrealakhigbe@gmail.com nomor whatsapp. +2349010754824 situs web: https://drrealakhigbe.weebly.com

    BalasHapus

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...